Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Berbasis Fuzzy – AHP pada STMIK STIKOM Bali.

Harry Budiarto

Sari


Sistem pendukung keputusan penilaian kinerja dosen berbasis FUZZY- AHP dapat memberikan solusi sistem penilaian kinerja dosen secara lebih baik, dengan mengolah data exact, diperhalus dengan aturan fuzzy, dan dilanjutkan penilaian secara lebih obyektif oleh manajemen.
 Penilaian kinerja dosen didasarkan pada angka kredit jabatan fungsional dosen, yang merupakan data-data yang ditetapkan dan diakui oleh perguruan tinggi dan Direktorat Pendidikan Tinggi. Data-data tersebut sekaligus sebagai syarat pengajuan jabatan fungsional dosen. Kriteria
yang digunakan dalam penilaian kinerja dosen adalah sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat dan kegiatan penunjang.
 Pengolahan data-data angka kredit jabatan fungsional dosen dengan menggunakan metode Fuzzy, menghasilkan daftar 5 dosen terbaik. Proses fuzzyfikasi menggunakan metode mamdani, dan defuzzyfikasi menggonakan metode centroid.. Dari 5 dosen terbaik, dilakukan
penilaian lebih lanjut oleh para responden, sehingga diperoleh peringkat dosen berdasarkan pengolahan dengan metode AHP.

Kata Kunci


SPK Penilaian Kinerja dosen, fuzzy, AHP

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Ristek Dikti
Ristek Dikti
Google Scholar
Mendeley
ID Orcid
Sinta Dikti