PENGEMBANGAN GAME PENGENALAN HURUF UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS FSA (FINITE STATE AUTOMATA)

Musa -

Sari


Banyak metode-metode pembelajaran pengenalan huruf yang dapat diterapkan untuk anak usia dini dalam rangka untuk menciptakan suasana pembelajaran yang baik dan menyenangkan, seperti metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan lain-lain. Metode pembelajaran yang terapkan pada Taman Kanak-Kanak Islam AN-NUR adalah dengan mengkombinasikan banyak metode yang disampaikan dengan cara konvensional. Materi pembelajaran yang disampaikan secara
konvensional banyak diantaranya yang dapat membuat anak menjadi kesulitan dalam mengenal huruf, tidak berkonsentrasi dan kurang menyenangkan bagi anak. Dalam penelitian ini, data diperoleh melalui penelitian awal (observasi) untuk mengetahui masalah yang dihadapi anak dalam pembelajaran. Dari penelitian tersebut, dianalisa kebutuhan
anak untuk pembelajaran yang lebih menyenangkan. Baru kemudian dirancang suatu game yang dapat mengatasi masalah tersebut. Setelah game tersebut dibuat,  game  diuji cobakan pada
anak.
Dari hasil uji coba tersebut dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa game yang telah dibuat
ternyata efektif atau tidak dalam mendukung pembelajaran pengenalan huruf bagi anak usia dini
secara menyenangkan.
Hasil dari game ini diharapkan dapat membantu anak dalam pembelajaran pengenalan
huruf agar anak tidak merasa kesulitan,  dapat berkonsentrasi, dan menyenangkan sehingga
dapat memberikan hasil pembelajaran yang lebih maksimal untuk anak–anak.

Kata Kunci


Game, Metode Pembelajaran, Anak Usia Dini

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Ristek Dikti
Ristek Dikti
Google Scholar
Mendeley
ID Orcid
Sinta Dikti