PERANCANGAN SISTEM BUSINESS INTELLIGENCE MENGGUNAKAN OLAP SEBAGAI PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN FINANSIAL BERBASIS WEB DENGAN METODE WATERFALL (STUDI KASUS PT. TIRTAMARTA)

Muhammad Anis

Sari


Perancangan   Sistem   Business   Intelligence   menggunakan OLAP sebagai pendukung pengambilan keputusan finansial berbasis web dengan metode Waterfall pada studi kasus PT. Tirtamarta telah dilakukan. Metode Waterfall digunakan dalam merancang sistem tersebut dimulai dengan proses analisa kebutuhan sistem, perancangan sistem, implementasi sistem, integrasi dan tesing dan pengoperasiannya, selain itu untuk mengukur kepuasan user PT. Tirtamarta dalam menggunakan sistem business intelligence digunakan skala Gutman dalam mengukur indeks kepuasan pelanggan dalam hal ini user PT. Tirtamarta. Adapun responden yang mengisi kuisioner adalah pihak  Top  Management,  Mid  Management  dan  Low Management yang ada di divisi finansial PT. Tirtamarta. Penggunaan Metodologi Waterfall dipilih karena dalam melakukan perancangan sistem business intelligence merupakan cara  yang  cocok  agar  setiap  proses  perancangannya  selesai dengan   sempurna   dan   tidak   mengganggu   proses   lainnya sehingga penggunaan sistem business intelligence di PT. Tirtamarta bisa berjalan dengan efektif. Dan untuk mengukur kepuasan user terhadap sistem businessintelligence yang dibuat, maka dilakukan pengukuran skala Gutman untuk mengukur kepuasan user terhadap sistem business intelligence yang dibuat di PT. Tirtamarta. Dari hasil yang diperoleh maka didapat 65 % (cukup)  responden   menilai  informasi  yang  disajikan  sesuai dengan kebutuhan perusahaan, 65 % (cukup)responden menilai sistem dapat memonitoring laporan piutang, 45 % (kurang) responden   menilai   sistem   business   intelligence   membantu perusahaan mencapai target dan penjualan produk perusahaan, dan 70 % (cukup) responden menilai sistem business intelligence layak untuk dipakai dalam membantu pengambilan keputusan finansial perusahaan. Maka dari hasil yang didapatkan dari pengukuran tersebut untuk mengembangkan rencana strategis perusahaan maka diusulkan agar sistem business intelligence ini dipakai untuk semua divisi yang ada di PT. Tirtamarta agar bisa menjadi solusi dalam pengambilan keputusan strategis perusahaan secara efektif.

  

Perancangan   Sistem   Business   Intelligence   menggunakan OLAP sebagai pendukung pengambilan keputusan finansial berbasis web dengan metode Waterfall pada studi kasus PT. Tirtamarta telah dilakukan. Metode Waterfall digunakan dalam merancang sistem tersebut dimulai dengan proses analisa kebutuhan sistem, perancangan sistem, implementasi sistem, integrasi dan tesing dan pengoperasiannya, selain itu untuk mengukur kepuasan user PT. Tirtamarta dalam menggunakan sistem business intelligence digunakan skala Gutman dalam mengukur indeks kepuasan pelanggan dalam hal ini user PT. Tirtamarta. Adapun responden yang mengisi kuisioner adalah pihak  Top  Management,  Mid  Management  dan  Low Management yang ada di divisi finansial PT. Tirtamarta. Penggunaan Metodologi Waterfall dipilih karena dalam melakukan perancangan sistem business intelligence merupakan cara  yang  cocok  agar  setiap  proses  perancangannya  selesai dengan   sempurna   dan   tidak   mengganggu   proses   lainnya sehingga penggunaan sistem business intelligence di PT. Tirtamarta bisa berjalan dengan efektif. Dan untuk mengukur kepuasan user terhadap sistem businessintelligence yang dibuat, maka dilakukan pengukuran skala Gutman untuk mengukur kepuasan user terhadap sistem business intelligence yang dibuat di PT. Tirtamarta. Dari hasil yang diperoleh maka didapat 65 % (cukup)  responden   menilai  informasi  yang disajikan  sesuai dengan kebutuhan perusahaan, 65 % (cukup)responden menilai sistem dapat memonitoring laporan piutang, 45 % (kurang) responden   menilai   sistem   business   intelligence   membantu perusahaan mencapai target dan penjualan produk perusahaan, dan 70 % (cukup) responden menilai sistem business intelligence layak untuk dipakai dalam membantu pengambilan keputusan finansial perusahaan. Maka dari hasil yang didapatkan dari pengukuran tersebut untuk mengembangkan rencana strategis perusahaan maka diusulkan agar sistem business intelligence ini dipakai untuk semua divisi yang ada di PT. Tirtamarta agar bisa menjadi solusi dalam pengambilan keputusan strategis perusahaan secara efektif.

  


Kata Kunci


Business Intelligence, Data Warehouse, OLAP, Web Portal, Data Mining

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Ristek Dikti
Ristek Dikti
Google Scholar
Mendeley
ID Orcid
Sinta Dikti