MANAJEMEN PESANTREN BERBASIS TIK (Studi pembelajaran al-Qur’an Hadis dalam Model Pemrosesan Informasi Teknologi di Pesantren Al-Falah, Sulawesi Selatan)

Jazuli Mukhtar

Sari


Penelitian ini dilaksanakan dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di M.Ts. Peasantren Al-Falah dengan subjek penelitian siswa kelas VII dengan jumlah 22 siswa, 1 guru dan kepala sekolah. Sumber data yang diperoleh dari siswa tersebut meliputi, tes formatif siswa dalam mengerjakan soal yang diberikan pada akhir siklus. Hasil lembar observasi untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pemrosesan Informasi Teknologi. Hasil observasi dan catatan lapangan yang berkaitan dengan aktivitas siswa pada pembelajaran al-Qur’an berlangsung.

Hasil penelitian dan analisis menyimpulkan bahwa dalam meningkatkan mutu pembelajaran dalam penelitian. 1). Penerapan model pemrosesan informasi teknologi  model cocok untuk membangkitkan nilai siswa dan minat belajar siswa dengan konsep pemrosesan informasi mempunyai misi membantu siswa untuk konsentrasi pada suatu ranah yang dapat mereka kuasai. Pengawasan/kontrol, membantu siswa mengembangkan pemahaman konseptual tentang ranah tertentu. 2. Peningkatan hasil belajar siswa dari setiap siklus, yaitu pada tes uji kompetensi nilai rata-rata 69 pada siklus I adalah nilai rata-rata 68,4 dan pada siklus IV nilai rata-rata adalah 76,77. 3.Hambatan dalam implementasi model pemeroses informasi adalah sebagai berikut: 1) siswa diberikan tugas masih ada sebagian kecil yang kurang fokus dan serius dalam menyelesaikan tugas tersebut, 2) Kurangnya pemahaman tentang materi yang telah diajarkan oleh guru disebabkan kurangnya konsentrasi saat guru menjelaskan. 3)Masih banyak siswa yang bingung tentang cara model memproses informasi teknolgi .

Kata Kunci


Pembelajaran, Al-Qur’an, Informasi Teknologi.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Ristek Dikti
Ristek Dikti
Google Scholar
Mendeley
ID Orcid
Sinta Dikti