IMPLEMENTASI FUZZY INFERENCES SYSTEM MAMDANI DALAM MENGANALISIS EFEKTIVITAS PENERAPAN E- LEARNING DI PERGURUAN TINGGI (STUDY KASUS: FAKULTAS TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS PAMULANG)

Agung Budi Susanto, Emi Sita Eriana, Abu Khalid Rivai

Sari


Perkembangan teknologi saat ini seperti internet, menjadi era baru dalam perkembangan proses pembelajaran di Perguruan Tinggi dengan e-learning. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi keefektifitasan penerapan e-learning di Universitas Pamulang dalam tiga tahun terakhir. Parameter keefektifitasan e-learning yang dianalisis diambil dari variabel kemudahan dan manfaatnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan wawancara menggunakan purposive sampling. Penetapan jumlah responden menggunakan metode Slovin. Tahapan setelah data di- peroleh diimplementasikan ke dalam Fuzzy Inteference System (FIS) Mamdani. Tingkat keber- hasilan penerapan
e-learning diukur dari nilai matakuliah Pemograman I dan Kalkulus sebelum penerapan e-learning dibanding setelah penerapan e-learning. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisis apakah penerapan e-learning yang dilakukan selama ini efektif sebagai media sekaligus meningkatan mutu pembelajaran di
Universitas Pamulang.


Kata Kunci


efektifitas, e-learning, mamdani,matlab,likert

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Ristek Dikti
Ristek Dikti
Google Scholar
Mendeley
ID Orcid
Sinta Dikti