IMPLEMENTASI FUZZY INFERENCES SYSTEM MAMDANI DALAM MENGANALISIS EFEKTIVITAS PENERAPAN E- LEARNING DI PERGURUAN TINGGI (STUDY KASUS: FAKULTAS TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS PAMULANG)
Sari
Perkembangan teknologi saat ini seperti internet, menjadi era baru dalam perkembangan proses pembelajaran di Perguruan Tinggi dengan e-learning. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi keefektifitasan penerapan e-learning di Universitas Pamulang dalam tiga tahun terakhir. Parameter keefektifitasan e-learning yang dianalisis diambil dari variabel kemudahan dan manfaatnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan wawancara menggunakan purposive sampling. Penetapan jumlah responden menggunakan metode Slovin. Tahapan setelah data di- peroleh diimplementasikan ke dalam Fuzzy Inteference System (FIS) Mamdani. Tingkat keber- hasilan penerapan
e-learning diukur dari nilai matakuliah Pemograman I dan Kalkulus sebelum penerapan e-learning dibanding setelah penerapan e-learning. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisis apakah penerapan e-learning yang dilakukan selama ini efektif sebagai media sekaligus meningkatan mutu pembelajaran di
Universitas Pamulang.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.




