IMPLEMENTASI SISTEM KEAMANAN DATA BERBASIS KRIPTOGRAFI RIVEST CODE 6, VIGENERE CHIPPER DAN KOMPRESI DATA LZW

Eko Suharyanto

Sari


Masalah keamanan data dan informasi menjadi salah satu hal yang penting di era kemajuan teknologi informasi seperti sekarang ini. Dalam pertukaran data dan informasi dibutuhkan tingkat keamanan yang tinggi, hal ini disebkan sering terjadinya pencurian data oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
Data yang dicuri tersebut dapat dengan mudah dimanfaatkan untuk tujuan manipulasi ataupun tujuan criminal lainnya. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu metode yang tepat untuk melindungi data tersebut, yaitu menggunakan metode kriptografi. Algoritma kriptografi terdiri atas algoritma enkripsi (E) dan
algoritma dekripsi (D). Untuk lebih menjaga kemanan data atau informasi penting maka dilakukan penigkatan kemanannya dengan mengkombinasikan dua metode kriptografi dan kompresi data. Metode enkripsi Rivest Code 6 (RC6) merupakan algoritma kunci simetris yang dapat membentuk block chipper.
Vigenere Cipher salah satu kriptografi klasik yang paling tangguh. Kedua metode kriptografi tersebut kemudian dikombinasikan dengan Lampel-Ziv-Welch (LZW).


Kata Kunci


Kriptografi, Rivest Code 5, Vigenere Cipher, Kompresi Data LZW, File

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Ristek Dikti
Ristek Dikti
Google Scholar
Mendeley
ID Orcid
Sinta Dikti